#MillennialsMemilih

Jaket Kulit Memang Keren, Namun Tahukah Kamu Cara Merawatnya? theidleman.com

Jaket Kulit Memang Keren, Namun Tahukah Kamu Cara Merawatnya?

Bahan kulit gak bisa sembarangan

Jaket kulit mempunyai citra macho-mu yang melekat pada pemakainya. Gak heran kalau gaya “Leather Jacket” gak bakal pernah basi dimakan usia. Kamu bisa memakainya mulai dari acara formal hingga pesta di akhir pekan. Hanya saja jaket kulit butuh perhatian khusus! Berikut 6 cara vital untuk merawat jaket kulit agar gak cepat rusak dan awet dipakai.

1. Jaket kulit cocok dipakai untuk baju hangat saat udara dingin, tapi....

Selain gaya, jaket kulit juga lumayan menghangatkan badan saat udara dingin. Namun saat dekat udara dingin, bahan kulit akan menghasilkan butiran garam di permukaannya. Butiran garam ini dapat merusak pori-pori material kulit. Bila kamu rajin memakai jaket kulit, usaplah permukaan kulit dengan kain lembab untuk membersihkan butiran garam. Setelah itu, cukup angin-anginkan agar kering sendiri.

2. Hindari rusaknya permukaan jaket kulit dengan mengoleskan pelembab atau kondisioner.

Jaket kulit lama-kelamaan akan mengering dan permukaan kulitnya jadi pecah. Ini disebabkan kelembaban dalam material kulit yang hilang. Cara mengatasinya adalah mengoleskan pelembab atau kondisioner secara berkala. Pelembab dan kondisioner juga dapat memberikan efek kinclong pada permukaan kulit sehingga selalu tampak baru.

3. Poles jaket kulit sebelum dipakai.

Cara merawat jaket kulit sebenarnya hampir mirip dengan merawat sepatu kulit. Terkadang kita juga perlu menyemir atau memolesnya. Kalau rajin memoles, kilau jaket kulit dapat terpelihara. Untuk memolesnya jaket kulit, kita perlu semir khusus yang berbeda dari semir sepatu. Ada beberapa merk yang bisa dipakai semisal Bright, Dr Scholz, Bio Poliz dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Inspirasi Outfit untuk Bikers, Kerennya Bikin Para Cewek Ngantri Minta Dibonceng!

4. Bahan kimia seperti parfum bisa merusak jaket kulit!

Jangan semprotkan parfum ke bahan kulit. Bahan kimia dari parfum dapat merusak material jaket. Bila memerlukan pewangi, semprotkan parfum pada pakaian yang digunakan di bawah jaket saja. Bau wanginya sudah dapat terpancar keluar. Menyemprotkan parfum pada pakaian di bawah jaket juga berguna mengurangi bau apek.

5. Jangan pernah menyimpan jaket kulit di dalam bungkus plastik!

Terkadang agar gak berdebu, kebanyakan orang menyimpan jaket kulitnya dalam wadah plastik. Tujuannya memang bagus, tapi caranya salah. Menyimpan jaket kulit ke dalam wadah plastik akan membuat permukaan kulit mengembun. Embun itu akan merusak permukaan kulit.

6. Jangan biarkan jaket kulit terkena panas dan dingin secara langsung!

Terkena paparan sinar matahari dan air hujan dapat merusak jaket kulit. Sebenarnya yang paling penting dalam merawat jaket kulit adalah menjauhkannya dari panas dan dingin. Panas yang berlebihan akan membuat kulit menjadi kering dan retak-retak. Begitu juga dingin yang berlebihan akan memecahkan bahan kulit dari dalam.

Boleh bergaya, tapi jangan lupa merawatnya ya!

Baca Juga: 7 Aturan Dasar Padu Padan Sepatu dan Celana yang Perlu Dikuasai Pria!


Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Vote
    Senang 0%
  • Vote Vote
    Sedih 0%
  • Vote Vote
    Terhibur 0%
  • Vote Vote
    Marah 0%
  • Vote Vote
    Kaget 0%
  • Vote Vote
    Terinspirasi 100%

ARTIKEL TERKAIT

About IDNtimes