Biasanya cowok gak terlalu memperhatikan perawatan tubuh, seperti wajah. Padahal penampilan yang baik bisa menambah penilaian orang lain terhadap dirinya. Kebersihan wajah sebenarnya adalah hal utama bagi penampilan. Orang akan melihat pada wajah saat berbicara. Relasi bisnis atau hubungan asmara, bisa ditentukan salah satunya dari penampilan wajah.

Selama berpuasa, cairan tubuh cowok akan berkurang. Kekurangan cairan bisa membuat kulit wajah menjadi kurang segar. Jadi cowok perlu merawat wajahnya agar aktivitas sehari-harinya bisa terbantu dan lancar. Untuk itu, lakukan 5 ritual di bawah ini ya

1. Bersihkan wajahmu setelah sahur dan setelah tarawih

Bikin Wajah Segar Selama Berpuasa, Cowok Perlu Lakukan 5 Ritual IniUnsplash/Hisu lee

Seharian beraktivitas tentu membuat kulit wajah terpapar berbagai kotoran, seperti debu. Membersihkan wajah minimal dua kali sehari dapat membuat kulit wajah bersih dari debu dan terawat baik. Saat bulan Ramadan, waktu yang tepat adalah setelah sahur dan setelah salat tarawih.

Kamu bisa menggunakan pembersih busa (foam) yang banyak dijual di minimarket. Kalau ingin lebih baik hasilnya gunakan pembersih susu (milk cleanser) khusus pria.

2. Lakukan face scrub tiap minggu

Bikin Wajah Segar Selama Berpuasa, Cowok Perlu Lakukan 5 Ritual IniUnsplash/Patrick Coddou

Selama bulan Ramadan, kamu bisa melakukan 2-3 kali face scrub. Dalam tujuh hari sekali kamu direkomendasikan untuk melakukan face scrub agar sel-sel kulit mati bisa terangkat dan bebas komedo. Saat melakukan face scrub kamu gak perlu membersihkan wajah dengan pembersih busa. Lakukan face scrub setelah salat tarawih.

3. Memakai helm tertutup dan masker jika berkendara roda dua

Bikin Wajah Segar Selama Berpuasa, Cowok Perlu Lakukan 5 Ritual IniVideoblocks.com

Kotoran, debu, dan asap kendaraan akan banyak bertebaran di jalan raya. Saat kamu berkendara dengan roda dua, kamu mesti pula melindungi wajahmu. Hal ini agar wajahmu selalu terlihat segar sepanjang hari. Saat kamu terpaksa terpapar debu, asap, dan kotoran, kamu bisa membilas wajahmu dengan air, setelah mendinginkan wajahmu 10 menit di suhu ruangan.

4. Perbanyak bagian buah dan sayur pada menu berbuka dan sahur

Bikin Wajah Segar Selama Berpuasa, Cowok Perlu Lakukan 5 Ritual IniUnsplash/Rajiv Perera

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang dikonsumsi bisa membantu membuat wajahmu selalu segar. Kandungan gizi dan mineral di buah dan sayur akan memberi nutrisi yang bagus pada kulit wajah.

Buah pisang, apel, dan pepaya mampu membuat kulit wajah gak kering. Konsumsi secukupnya setelah berbuka dan sebelum makan sahur. Untuk sayur, kamu bisa mengonsumsi sayur bayam, tomat, dan brokoli.

5. Lakukan facial di akhir bulan puasa

Bikin Wajah Segar Selama Berpuasa, Cowok Perlu Lakukan 5 Ritual IniUnsplash/Isabell Winter

Di akhir bulan Ramadan, biasanya kamu akan sibuk mempersiapkan idul fitri. Tentu kamu juga akan memperhatikan penampilanmu, termasuk wajah. Kamu gak mau kan punya wajah yang kusam dan kurang segar saat hari raya tiba? Kamu pasti akan banyak bertemu keluarga dan teman-temanmu. Maka kamu perlu penampilan yang prima.

Jadi, pergilah ke barbershop yang punya layanan facial secara profesional. Dijamin wajahmu akan bersih, cerah, dan lebih tampan.

 

Sekarang, kamu gak perlu bingung lagi soal perawatan wajahmu di bulan puasa.

#CowokBanget: Bonus 500 POIN untuk setiap 3 artikel seputar lifestyle cowok yang berhasil terbit

Agung Setya

Reader and Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.