Pernikahan adalah momen sakral yang hendaknya telah dipertimbangkan dengan matang sebelum bersanding di pelaminan. Apalagi bagi pria yang kelak akan menjadi seorang kepala keluarga. Alhasil, wajar saja apabila seorang pria menjadi begitu hati-hati ketika memutuskan untuk melamar sang pujaan hati.

Jika bagi wanita itu adalah momen yang penuh sukacita, nyatanya bagi pria itu adalah salah satu bentuk keberanian terbesar dalam hidupnya, lho. Pantas saja memohon kesediaan sang wanitanya untuk melangkah ke gerbang pernikahan membutuhkan waktu yang dirasa begitu lama bagi si wanita.

Oleh sebab itu pula agaknya mengapa wanita kerap melayangkan kode atau bahkan secara gamblang menyuarakan tentang kapan akan dilamar tersebut. Nah, berikut enam dalih pria yang lazim dipakai untuk menanggapi pertanyaan sang kekasih itu.

1. Belum merampungkan pendidikan

Ternyata Ini 6 Alasan Cowok Ketika Tak Kunjung Melamar KekasihnyaDramabeans.com

Kamu masih sibuk berkutat dengan mata kuliah atau bimbingan skripsi sedangkan kekasihmu bahkan lekas mendapat pekerjaan setelah wisuda. Padahal kalian masuk kuliah pada tahun yang sama. Nyata saja jika kamu menjadi tertinggal dalam pendidikan olehnya sebab kamu masih berjuang meraih gelar sarjana.

Ataupun misalnya jika kamu memiliki target hendak merampungkan jenjang strata dua terlebih dahulu. Entah faktor ingin fokus pada pendidikan atau sebab memperkokoh jabatan dalam pekerjaan. Intinya, kamu memintanya menunggu hingga pendidikan sesuai targetmu tersebut behasil kamu selesaikan.

2. Belum mapan dalam pekerjaan

Ternyata Ini 6 Alasan Cowok Ketika Tak Kunjung Melamar KekasihnyaDramabeans.com

Menikah memang tidak bisa hanya dengan bermodalkan cinta semata. Sebagai seorang pria, kamu jelas sadari bahwa kamu memiliki tanggungjawab untuk menafkahi keluargamu. Sayangnya, kamu belum mampu berpenghasilan yang dirasa cukup untuk berumahtangga.

Oleh sebab itu, kamu memintanya menunda pernikahan hingga modal yang dikumpulkan sudah memadai untuk melangsungkan pernikahan dan mengarungi bahtera rumah tangga bersama si kekasih. Dengan kata lain, kamu sedang berjuang mengumpulkan pundi-pundi untuk menggenapi harimu bersamanya sebagai sepasang suami dan isteri.

3. Belum siap mental

Ternyata Ini 6 Alasan Cowok Ketika Tak Kunjung Melamar KekasihnyaSoompi.com

Kamu mungkin sempat mengalami trauma dari keretakan rumahtangga orangtuamu. Berangkat dari hal itu pula, kamu menjadi begitu khawatir apabila kelak kamupun tidak mampu menjadi sosok suami dan ayah yang pantas bagi keluarga kecilmu.

Kamu serius dengan kekasihmu tersebut. Akan tetapi, trauma masa lalu itu masih saja menghantui langkahmu yang tengah berusaha membangun sebuah masa depan bersama sosok tercintamu.

Saat ini, kamu masih berjuang menguatkan hati sembari didampingi oleh kekasihmu mengatasi trauma tersebut. Kamu serius padanya dan berniat untuk menikah, akan tetapi kamu masih butuh waktu untuk benar-benar lepas dari bayang-bayang kelam dari suramnya ketidakharmonisan keluargamu dulu.

4. Belum cukup umur

Ternyata Ini 6 Alasan Cowok Ketika Tak Kunjung Melamar KekasihnyaYoutube.com/Pufficon

Nah, kalau alasannya yang ini sih sudah jelas bahwa kamu maupun kekasihmu harus mau menunggu hingga usiamu dikategorikan boleh menikah. Undang-undang sudah mengatur usia minimal untuk menikah dimana bagi seorang pria adalah 19 tahun, lho.

Gunakanlah waktumu dengan kegiatan yang berdayaguna seperti kuliah atau bekerja. Raihlah juga cita-citamu, jangan melulu terfokus pada urusan cinta, ya.

Ketika usiamu dinyatakan sah untuk berumahtangga sesuai aturan agama dan hukum yang berlaku, sudah siap secara fisik, mental, dan materi, serta mengantongi restu dari kedua belah pihak keluarga, maka langsungkanlah pernikahan tersebut.

5. Belum yakin pada pada kekasihnya

Ternyata Ini 6 Alasan Cowok Ketika Tak Kunjung Melamar KekasihnyaAkiatalking.com

Pendidikan sudah selesai, pekerjaan sudah mapan, mental sudah siap, usia sudah mencukupi, bahkan restu kedua belah pihak orangtuapun sudah dikantongi, akan tetapi kekasihmu tersebut tak kunjung dilamar olehmu.

Nah, cobalah jujur pada dirimu, bro. Tanyalah pada hatimu perihal sudah mantapkah kamu memilihnya menjadi sosok yang kelak mendampingimu dalam ikatan suci pernikahan hingga maut memisahkan. Entah menilik dari kepribadian, pendidikan, pekerjaan, latar belakang keluarga, bahkan apabila ternyata kamu masih saja belum mampu melupakan cinta di masa lalumu.

6. Belum direstui oleh orangtua

Ternyata Ini 6 Alasan Cowok Ketika Tak Kunjung Melamar KekasihnyaAminoapps.com

Restu orangtua merupakan salah satu hal krusial ketika memutuskan untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Orangtuamu sudah setuju dengan wanita pilihanmu. Sayangnya, orangtua kekasihmu masih belum menerimamu sebagai calon menantunya. Ataupun jika keadaannya dibalik.

Nah, kalian harus berpandai-pandai menyiasati ini, nih. Berusahalah lebih keras untuk saling diterima oleh keluarga besar masing-masing, ya.

 

Jadi alasan nomor berapa yang membuatmu belum melamar kekasihmu saat ini?

#CowokBanget: Bonus 500 POIN untuk setiap 3 artikel seputar lifestyle cowok yang berhasil terbit

Rahmadila Eka Putri

A perfectly imperfect human. ( Facebook: Rahmadila Eka Putri | Instagram: @rahmadilaekaputri | Twitter: @ladilacious )

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.