Berniat Meminang Gadis Jawa? Siapkan 8 Barang Seserahan Ini

Catet, jangan sampai ketinggalan!

Berniat Meminang Gadis Jawa? Siapkan 8 Barang Seserahan Iniinstagram.com/putrititian

Line IDN Times

Bro, jika kamu sudah memasuki usia dewasa itu artinya kehidupanmu akan berkutat soal pekerjaan dan persiapan pernikahan. Nah, soal persiapan pernikahan, ternyata gak semudah seperti yang kamu pikirkan lho! Terlebih jika yang akan kamu pinang alias lamar itu gadis keturunan Jawa tulen.

Saat melamar kamu wajib melewati berbagai prosesi, salah satunya adalah membawa sejumlah peningset dan hantaran lamaran yang pada adat Jawa digunakan untuk mengikat sang calon mempelai wanita agar tak 'dicuri' oleh pria lainnya. Bisa dibilang bro, peningset dan hantaran lama di adat Jawa itu banyak macamnya dan berbeda fungsi serta maknanya.

Biar lebih jelas, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jarik dan kebaya.

Namanya juga mau melamar gadis Jawa, jadi baju khas ini pun wajib ada di daftar peningset. Jarik atau kain batik yang dipakai kebanyakan bercorak sidomukti. Hal ini dikarenakan batik bercorak sidomukti mengandung makna harapan untuk mencapai kebahagian lahir dan batin. Jadi cocok kan sama harapan seluruh keluarga untuk kehidupan rumah tanggamu kelak bro.

Selain jarik dan kebaya, kamu juga perlu siapkan bawahan kebaya, centing, korset untuk kebaya, serta sandal manten atau sandal cantik.

2. Seperangkat alat makeup.

Selain pakaian, syarat seserahan alias peningset yang perlu kamu bawa saat melamar gadis Jawa adalah seperangkat ala makeup. Mulai dari lipstik, bedak, pensil alis dan alat makeup lainnya tergantung kebutuhan dan kebiasaan calon istrimu saat berdandan.

3. Perlengkapan mandi.

Selain perlengkapan makeup peningset berupa perlengkapan mandi juga perlu kamu siapkan saat melamar pujaan hati. Perlengkapan mandi yang dimaksud bisa berupa sabun, shampoo, pembersih wajah, shower cup, handuk, atau perlengkapan mandi lainnya.

Lagi-lagi kelengkapan atau merek perlengkapan mandi untuk peningset ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan calon istrimu saat mandi.

4. Pakaian dan aksesorinya.

Beda dengan jarik dan kebaya, peningset berupa pakaian ini bisa berisi baju atau aksesori-akasesori pendamping dalam berbusana untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja, pakaian dalam, tas, sepatu, gaun, atau aksesori-aksesori lainnya.

Meski gak wajib ada sebenarnya, tapi peningset berupa pakaian dan aksesorinya ini sangat penting banget kamu siapkan. Soalnya, peningset ini menandakan kalau pacarmu itu sudah selangkah lagi milikmu dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Baca Juga: Karena Sikap Inilah, Cowok Jadi Jomblo Bertahun-tahun. Kamu Masih Seperti Ini Gak?

5. Perhiasan.

Biasanya bro, peningset berupa perhiasan ini isinya adalah satu set lengkap. Mulai gelang, kalung, anting, dan cincin.

Namun kalau kamu gak punya budget sebanyak itu, gak perlu kok menyiapkan satu set perhiasaan lengkap. Cukup siapkan saja cincin sebagai pertanda kalau gadismu itu sudah ada yang punya. Jadi, cowok lain gak berani-beraninya mengganggu kekasihmu.

6. Pisang raja dan buah jambe serta kapur sirih.

"Ngapain bawa pisang raja pas lamaran?"

Eits, jangan protes dulu. Pisang raja itu wajib dibawa pas lamaran di adat Jawa. Soalnya, pisang raja merupakan simbol harapan kesuburan sehingga setelah menikah di harapkan pasangan ini bisa memiliki memiliki keturunan.

Selain buah pisang raja, buah jambe dan kapur sirih ini juga wajib dibawa pas melamar gadis Jawa. Bawaan ini menjadi simbol harapan agar pernikahannya kelak bisa langgeng sampai maut.

7. Jajanan pasar.

Untuk melamar gadis Jawa, jajanan pasar adalah peningset yang perlu kamu bawa. Jajanan pasar yang perlu dibawa biasanya adalah madu mongso dan juga kue jaddah atau jajanan pasar berbahan dasar ketan. Untuk madu mongso dan jaddah ini dilaporkan menjadi simbol harapan agar kedua mempelai senantiasa lengket dan mesra.

8. Bunga.

Peningset terakhir yang wajib dibawa juga saat melamar gadis Jawa adalah bunga. Gak sembarang bunga, bunga yang perlu dibawa ada dua jenis lho yakni bunga kenangan dan melati putih.

Kedua bunga ini perlu diletakkan dalam keranjang kecil dalam jumlah ganjil. Harapannya sih, semoga kehidupan biduk rumah tangga nanti terus mewangi layaknya bunga-bunga di taman.

Itulah delapan barang yang perlu kamu bawa saat akan melamar gadis Jawa bro. Jangan sampai ketinggalan satu barang sedikit pun ya, kalau gak mau lamaranmu ditolak calon mertua.

Baca Juga: Ini Alasannya Kenapa Cowok Pintar Gak Mudah Jatuh Cinta

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI