6 Stereotip Cowok Jantan yang Harusnya Gak Kamu Percaya Lagi

Find your magic

6 Stereotip Cowok Jantan yang Harusnya Gak Kamu Percaya Lagihuffingtonpost.com

Line IDN Times

Setiap orang punya definisi dan pandangan masing-masing terhadap siapa mereka, dan ingin menjadi apa. Namun yang banyak terjadi, kebanyakan dari kita justru merasa terkungkung dan gak ngerasa bebas buat menunjukkan jati diri. Gak cuma cewek, para cowok juga merasakannya kok ketika kejantanan alias maskulinitas mereka cuma dinilai dari stereotip-stereotip berikut ini:

1. "Cowok tuh harus berotot"

Label pertama yang paling banyak menghantui para cowok ialah harus berotot. Padahal, gak semua cowok suka olahraga terus-terusan cuma buat membentuk bodi. Label seperti ini kadang bikin cowok-cowok yang posturnya ga masuk kriteria tersebut jadi minder dan menarik diri.

2. "Harus jago berantem!"

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, jago berantem juga jadi salah satu stereotip yang banyak disematkan pada kaum adam ini."Bela diri sendiri aja gak berani, gimana mau jagain orang lain?" Waduh, berat banget sih buat jadi cowok itu.

3. "Cowok kok ngurusin banget penampilan?"

Hal lain yang sering menyiksa para cowok ialah ketika maskulinitas mereka dipertanyakan akibat kepedulian akan penampilan. Padahal, tampil bersih, oke, dan terawat adalah hak semua orang; tanpa melihat jenis kelamin. Justru kita harus mendukung upaya para cowok ini untuk tampil percaya diri setiap saat.

Peduli dengan hal tersebut, AXE mengajak cowok buat menggali jati diri mereka lewat kampanye global "Find Your Magic". Diharapkan para cowok akan terinspirasi untuk eskplorasi potensi diri dan melepas label maskulinitas yang selama ini membelenggu mereka. Untuk mendukung misi ini, untuk pertama kalinya AXE pun meluncurkan rangkaian produk men's grooming yang bisa mendukung cowok buat menonjolkan jati diri mereka. Adapun peluncuran ini diadakan di Senayan City, Kamis (18/5) ini, lewat acara Find Your Magic Fest.

caya1-6cb68e9c36a43cf3a8f530990e2e1c84.JPGDok. IDN Times

Terdapat beberapa produk yang dihadirkan, yakni AXE Body Spray "You", AXE Antiperspirant Roll On varian "Signature Invisible Protection", "Urban Anti-Bacterial Protection", dan "Performance Charge Up Protection".

img-1424-7bbfc6a32f086687ecaef6b4fe1d60f3.JPGDok. IDN Times

Selain itu, terdapat juga range produk AXE Signature Eau de Toilette dengan varian "Intense", "Mysterious", dan "Rogue". Kalau kepercayaan diri sudah didapat, aura kamu pun akan keluar dengan sendirinya!

4. "Cowok harus suka dan jago olahraga"

Olahraga selalu diasosiasikan dengan aktivitas yang cowok banget. Kalau ada yang gak bisa--apalagi gak tertarik, bisa jadi jadi bahan tertawaan teman-temannya. Padahal kalau dipikir-pikir, cowok gak wajib tertarik--apalagi bisa olahraga. Sebagai cowok, kamu berhak punya ketertarikan lain, misalnya di bidang film, melukis, atau mungkin akting. 

5. "Cowok gak boleh banyak ngomong"

Kalau ada cowok yang berani ngomong, biasanya mereka akan dicap cerewet dan mendapatkan cemoohan. Padahal siapapun seharusnya bebas untuk berpendapat dan mengekspresikan kemauan mereka, termasuk para cowok. Makanya buat para cowok, mulai sekarang gak usah ragu buat beropini dan melakukan hal yang kamu suka. Tak usah pusingkan kata orang: jadilah dirimu sendiri dan tunjukkin ke mereka kalau kamu bisa mengapresiasi dirimu sendiri.

Berkaitan dengan semangat tersebut, AXE dalam konferensi pers Find Your Magic Fest juga mengumumkan proyek terbaru bertajuk The AXElerate: The Documentary. Dokumenter ini mengangkat kisah para cowok menemukan maskulinitas dan magic dalam diri mereka masing-masing, diwakili oleh ketiga brand ambassador terbaru AXE: Jevin Julian, Agung Hapsah, dan Naufal Abshar.

mg-5777-8c1fb08710e0b35ef8781d5619d62d59.JPGDok. IDN Times

Untuk penggarapannya, AXE menggandeng Chicco Jerikho didukung oleh sutradara Yandy Laurens dan produser Angga Dwimas Sasongko. Terdiri dari 8 episode, dokumenter ini bisa kamu tonton langsung di kanal YouTube AXEIndonesia, mulai Mei hingga September mendatang. Wah, wajib ditunggu nih!

6. "Laki-laki, kan? Gak boleh nangis dong"

Buat para cowok di luar sana, ada satu pepatah yang ingin IDN Times sampaikan: "It's okay to not be okay". Jadi, gak perlu khawatir untuk mengeluarkan beban pikiran yang kamu rasakan. Yang penting, jadikan itu dorongan buat bangkit dan maju. Setuju?

Nah, keenam poin di atas hanyalah sebagian dari banyaknya label maskulinitas yang sering dicap ke cowok-cowok. Sebenarnya, sah aja kalau kamu merasa ingin terlihat macho, lebih suka warna gelap, dll. Namun, jangan jadikan itu sebagai patokan untuk menilai orang lain dan memandang rendah mereka yang gak sepaham denganmu. Daripada sibuk ngurusin orang lain, lebih baik #FindYourMagic dan eksplor potensimu sendiri.

Pada 19-21 Mei ini, kamu juga bisa datang ke Atrium Area Senayan City untuk menghadiri Find Your Magic Fest. Lewat kegiatan tersebut, AXE ingin menginspirasi cowok-cowok di Indonesia untuk menemukan versi terbaik dari diri mereka, kemudian berani mengekspresikan magic masing-masing. Banyak banget keseruan yang bisa kamu lakukan misalnya nyari wewangian AXE yang tepat untukmu di AXE Fragrance Store, atau ekspresikan magic-mu di area Find Your Magic Box yang serunya kayak gini:

2017-05-18-photo-00000086-63ea02d9333341397c6b1bdcddaf3c7f.jpgDok. IDN Times

Hasil foto magic-mu di photobooth akan ditampilkan di LED screen seperti ini:

img-1431-bcd945f22351d7365e2c5ce07605f3bf.JPGDok. IDN Times

Gimana? Seru banget kan? Gak cuma foto-foto saja, ada penampilan musik juga lho, mulai dari Kimokal, Rendy Pandugo, hingga Barasuara. Seru banget 'kan? Makanya langsung aja ke Find Your Magic Fest sekarang. Jangan sampai kelewatan!

Read More
Line IDN Times

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote SenangVote
    Senang15%
  • Vote SedihVote
    Sedih8%
  • Vote TerhiburVote
    Terhibur31%
  • Vote MarahVote
    Marah15%
  • Vote KagetVote
    Kaget8%
  • Vote TerinspirasiVote
    Terinspirasi23%
ARTIKEL TERKINI